7 Cara Memanfaatkan Sikat Gigi Bekas Untuk Keperluan Rumah Tangga (PENGALAMAN SENDIRI) – Pada kesempatan kali ini saya ingin share pengalaman saya dalam memanfaatkan sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai lagi (sudah tidak maksimal untuk membersihkan gigi) karena bulu sikat giginya sudah rontok atau lepek,, hehe.

Memang sikat gigi adalah salah satu barang yang rutin di ganti setiap orang dan selain berfungsi untuk membersihkan gigi ternyata juga memiliki manfaat lain yang sangat jarang sekali orang gunakan, karena kebanyakan orang ketika sikat gigi sudah mulai rusak langsung saja di buang ke tempat sampah atau ke belakang rumah (sebaiknya jangan di buang sembarang) jagalah kebersihan,,,, lebih baik di bakar sebab limbah plastik sangat sulit di urai oleh tanah.

7 Cara Memanfaatkan Sikat Gigi Bekas Untuk Keperluan Rumah Tangga (PENGALAMAN SENDIRI)

Berikut ini beberapa cara memanfaatkan sikat gigi bekas berdasarkan pengalaman saya dan juga dari beberapa sumber yang sempat saya baca :

Untuk Membersihkan Tungku Kompor Gas

Setelah sekian lama di pakai biasanya bagian tungku kompor gas akan kotor yang mana terkadang lap ataupun spon tidak mampu membersihkannya sebab kebanyakan kotoran bersifat kerak dan keras menempel. Disini kita bisa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk menghilangkan kotoran yang lengket dengan sedikit bantuan sabun.

Untuk Membersihkan Keran

Kotoran pada bagian keran yang sering kita pegang setiap hari seperti keran di dapur, keran di kamar mandi, keran di wc dan di tempat-tempat lain sangat sulit di bersihkan sebab bentuk keran yang lengkuk-lengkuk sehingga sulit di bersihkan, gunakan sikat gigi bekas dengan sabun cair atau sabun bubuk yang sudah di campur dengan air untuk membersihkan bagian keran untuk setiap sudutnya.

Untuk Membersihkan Saluran Air

Yang namanya air pasti membawa kotoran entah itu banyak ataupun sedikit, contohnya seperti saluran air di bak cuci piring, saluran air di kamar mandi, saluran air di wc dan di tempat-tempat lain yang ada saluran airnya. Kita bisa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian tersebut sebab bentuk sikat gigi yang kecil dan memanjang sangat cocok untuk membersihkan saluran air.

Untuk Membersihkan Bagian Dalam Kulkas

Ini adalah kebiasaan yang dilakukan ibu saya dan jenis kulkas yang sering kali kotor adalah kulkas keluarga jika di bandingkan dengan kulkas es, sebab tanpa di sadari kegiatan sehari-hari bisa meninggalkan kotoran pada bagian dalam kulkas, seperti minuman tumpah, sisa-sisa makanan, sayuran dan buah-buahan. Bagian dalam kulkas bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi bekas + sedikit sabun (jangan kebanyakan). Setelah proses pembersihan selesai bisa langsung di lap dengan lap kering dan kulkas siap digunakan kembali.

Untuk Membersihkan Kuku Tangan dan Kaki

Kita bisa membersihkan kuku tangan dan kaki saat mandi dengan sabun lalu sikat dengan sikat gigi bekas, sikat gigi sangat cocok untuk membersihkan bagian kuku karena bulunya yang lembut tidak membuat tangan ataupun kaki sakit. Saya membersihkan kuku kaki dengan sikat untuk mencuci pakaian dan rasanya sakit sekali, setelah selesai mandi saya lihat ternyata kaki saya luka-luka akibat sikat yang keras tadi. Jadi sekarang saya sudah beralih menggunakan sikat gigi bekas (sayang langsung dibuang) kan masih bisa di manfaatkan.

Untuk Membersihkan Keyboard Laptop atau Komputer

Pastikan laptop ataupun komputer dalam keadaan mati sebelum di bersihkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti aplikasi terhapus karena tidak sengaja tertekan pada saat pembersihan. Biasanya kotoran masuk pada sela-sela keyboard dan jika didiamkan secara terus menerus akan mengakibatkan beberapa tombol keyboard tidak berfungsi, maka dari itu jangan tunggu sampai bermasalah bersihkan dari sekarang dengan memanfaat sikat gigi bekas.

Untuk Membersihkan Rantai atau Bagian Yang Sulit Pada Sepeda Motor

Mungkin untuk teman-teman yang lokasinya di perkotaan sepeda motornya tidak terlalu kotor berbeda halnya dengan tempat saya yang di pedesaan yang mana sebagian jalannya beraspal dan sebagiannya lagi masih tanah, jadi jika hujan sudah pasti sepeda motor kotor mulai dari bawah sampai ke atas. Kata paman bengkel kalau terlalu banyak debu, kotoran atau kerikil yang menempel pada rantai akan mempercepat gir cepat lancip (harus ganti). Saya biasa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian ini dengan bantuan sabun colek atau minyak tanah karena biasanya oli sangat menempel kuat.

Setelah bersih dan kering baru di semprot dengan pelumas khusus rantai harga di tempat saya 20ribuan dengan gambar rantai pada kaleng. Sebaiknya jangan gunakan oli bekas sebagai pelumas rantai karena sangat tidak baik, sebab jika menggunakan oli bekas pada rantai seperti kotoran, debu dan kerikil mudah lengket.

Demikian sedikit informasi mengenai cara memanfaatkan sikat gigi bekas yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon