Kalimantan termasuk dalam salah satu pulau terbesar di indonesia. Kalimantan merupakan daerah asal suku dayak dan ada salah satu senjata khas suku dayak yang sering disebut dengan mandau (senjata pusaka sakti suku daya) yang konon katanya bisa terbang. Dalam kehidupan sehari-hari senjata ini tidak pernah lepas (jauh) dari pemiliknya.

Rahasia Tersembunyi Dalam Mandau Senjata Suku Dayak Kalimantan

Senjata tradisional ini berasal dari kata MAN DA U. Sedangkan mandau ini sendiri diambil dari nama orang cina yang pertama kali membuat senjata ini.

Mandau pertama kali datang ke kalimantan berserta para tawanan perang dan tujuannya datang ke kelimantan adalah untuk mencari hasil alamnya yang melimpah ruah. Mandau terkenal sangat kejam dan ahli dalam peperangan, kelompok mereka sudah banyak melawan bangsa lain yang datang kepulau kalimantan. Karena seringnya terjadi peperangan yang terjadi dipulau kalimantan, maka nama mandau terkenal dengan bilah senjata miliknya yang tajam dan suka memenggal kepala musuh (yang sampai sekarang disebut adat pengayauan atau ngayau). itulah alasan banyak bangsa lain yang takut untuk memasuki pulau kalimantan. Makanya sampai sekarang jika orang suku dayak membuat senjata pasti dinamai mandau agar sakti seperti leluhur mereka.

Senjata tradisional mandau ini merupakan senjata tajam yang menyerupai parang namun berbeda. Mandau memiliki ukiran pada bagian bilahnya dan juga kuningan atau tembaga yang menutupi lubang pada bilahnya.

Mandau adalah senjata pusaka yang diwariskan secara turun temurun oleh suku dayak dan dianggap sebagai benda keramat. Sekarang mandau sudah beralih fungsi sesuai dengan pergeseran zaman tidak lagi digunakan untuk perang tapi sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari baik itu berkebun, menyembelih binatang dan juga sebagai penjaga di rumah (jika ada maling masuk) untuk ketajaman mandau jangan di tanyakan.

Senjata sakti mandau ini memiliki kesaktian mulai dari proses pembuatan yang melalui ritual adat suku dayak dan juga dengan memenggal kepala musuh, katanya semakin banyak mandau menebas kepala musuh maka semakin sakti mandau tersebut. Ada juga sebagian mandau yang dihiasi dengan rambut dari yang kepalanya di penggal karena mereka percaya bahwa roh yang mati tersebut akan mendiami mandau tersebut sehingga bisa menjadi sakti.

Dalam proses pembuat mandau in terdapat nilai keindahan, ketekunan, ketelitian, kesabaran. Itulah sedikit cerita rahasia di balik senjata suku dayak kalimantan.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon