Cara Memperbaiki Port USB 3.0 Laptop LENOVO Tidak Berfungsi Di Windows 7 – Artikel kali ini adalah berdasarkan pengalaman penulis sendiri yang mana beberapa bulan yang lalu penulis baru saja ganti laptop baru karena laptop lama sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan jatuhlah pilihan pada laptop Lenovo, karena bentuk, tampilan dan yang paling utama adalah harganya terjangkau,, hehe.

Cara Memperbaiki Port USB 3.0 Laptop LENOVO Tidak Berfungsi Di Windows 7

Pada saat beli laptop Lenovo belum ada OS didalamnya jadi terpaksa menginstall sendiri dan saya masih betah menggunakan Windows 7 karena kenyamanan penggunaannya dari pada windows di atas-atasnya.

Setelah selesai install windows, app dll sudah semua entah kenapa Port USB 3.0 yang berwarna biru tidak berfungsi. Awalnya saya abaikan saja karena masih ada 2 Port USB 2.0 yang masih bisa saya pakai, namun nyatanya karena kebutuhan pekerjaan saya kekurangan Port USB hingga akhirnya saya mencari solusi cara memperbaiki atau cara mengatasai Port USB 3.0 Laptop LENOVO tidak berfungsi pada Windows 7.

Saya browsing kesana kemari, install sana install sini tidak juga berhasil, di website resmi LENOVO pun tidak ada driver USB 3.0 untuk laptop LENOVO type punya saya.

Sampailah kepada titik jenuh yang mana pencarian saya tidak berujung temu titik cahaya terang.

Karena saking banyaknya membuka web sampai akhirnya saya menemukan sebuah blog yang mengatakan bahwa untuk mengatasi Port USB 3.0 yang tidak berfungsi tersebut dengan cara mendownload aplikasi AMD Chipset Drivers untuk menormalkan kembali fungsi Port USB 3.0.

Tanpa berpanjang lebar saya baca langsung saya download tuh aplikasi dan ternyata aplikasi tersebut lumayan besar ukuran filenya sekitar 190 MB lebih. Setelah download complete bergegaslah untuk segera menginstall aplikasi tersebut dengan perasaan, gugup, takut, apakah benar-benar berhasil atau tidak.

Kebetulan pada saat menginstall aplikasi AMD Chipset Drivers tersebut flashdisk saya masih terpasang pada Port USB 3.0 dan tiba-tiba berbunyi seperti biasanya kita mencolok flashdisk pada Port USB dan ternyata flashdisk saya berhasil terbaca pada Port USB 3.0.

Karena saking senangnya maka dari itu saya tulis di blog ini, semoga saja teman-teman yang mengalami Port USB 3.0 yang sama seperti saya bisa teratasi dengan menginstall aplikasi AMD Chipset Drivers.

Download AMD Chipset Drivers di web resminya di sini : http://support.amd.com/en-us/download/chipset?os=Windows%207

  1. Pilih AMD Chipset Drivers dan lihat pada bagian Descriptionnya : Supports Windows 10/8.1/7 (32 & 64 bit) urutan paling atas – Jangan sampai salah download, kemudian klik tombol download di samping kanannya.
  2. Setelah selesai download install AMD Chipset Drivers seperti menginstall aplikasi pada umumnya.

Cara Memperbaiki Port USB 3.0 Laptop LENOVO Tidak Berfungsi Di Windows 7

Jika teman-teman mengikuti seperti apa yang saya ceritakan di atas, saya yakin Port USB 3.0 sudah berjalan dengan baik, sekian dari saya semoga bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa share ke teman-teman yang mengalami hal serupa jika artikel ini bermanfaat.

1 komentar:

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon