Cara Burning File ISO Agar Bisa Bootable - Kebanyakan file sistem operasi yang tersedia di internet jika kita donwload pasti menggunakan format ISO baik itu windows maupun linux yang nantinya diburning ke DVD, CD atau flasdisk agar bisa menjadi bootable. File ISO ini jugs bisa dikatakan file mentahan sistem operasi.

File image ISO adalah file arsip berbentuk ekstensi ISO atau bisa juga di sebut dengan disc image. Lalu bagaimana cara membakar file ISO ? agar bisa bootable saat menginstall ulang PC, laptop atau notebook.

Sebenarnya banyak sekali aplikasi burning yang bisa digunakan, seperti nero, ashampoo, alkohol, dan masih banyak lagi. Pada penjelasan kali ini saya menggunakan ashampoo.

Jalankan aplikasi ashampoo burning studio kemudian pilih menu  "Burn a CD/ DVD/ Bluray from a Disc Image".


Kemudian buka file ISO sistem operasi yang ingin di burning dan kemudian klik Open


Pilih kecepatan burning, semakin kecil kecepatannya semakin bagus hasil burning OSnya namun memerlukan waktu yang cukup lama (sabar). Saran saya menggunakan speed 16 sangat bagus untuk burning OS.


Lalu klik write DVD. Tunggu proses burning sampai selelasi, setelah itu silahkan di coba hasil burning tersebut. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Cara Burning File ISO Agar Bisa Bootable ini bisa digunakan untuk windows mulai dari Windows XP sampai Windows 8.1 (Sudah di coba) dan juga Linux.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon