Do'a Untuk Orang Sakit atau Menjenguk Orang SakitSaat menjenguk orang sakit seharusnya kita mengatahui adab-adabnya agar tidak salah dan membuat sakit hati orang yang kita jenguk. Mempraktekkan adab-adab umum menjenguk, seperti mengetuk pintu dengan lembut, menundukkan pandangan, dan menjenguk orang sakit pada waktu-waktu tenang.
Membawa hadiah untuk orang sakit agar dia senang dan bahagia. Sangat baik jika dibawakan sesuatu yang bermanfaat, seperti buku yang bermanfaat, atau majalah, atau makanan, atau lainnya. Ada beberapa penulis yang menyatakan bahwa memberi karangan bunga bagi orang sakit adalah adat orang Yunani, di mana mereka beranggapan bunga adalah lambang Tuhan kasih sayang, dan sampai hari ini orang Nashrani masih melestarikan keyakinan ini. Apakah kalian pernah melihat mereka menaruh bunga di peti mati dan di kuburan ?.
Do'a Untuk Orang Sakit atau Menjenguk Orang Sakit

Hendaklah orang yang menjenguk berlemah lembut, santun, dan tidak kasar. Menanyakan keadaan orang yang sakit dengan lemah lembut dan tidak membebaninya dengan banyak permasalahan ataupun banyak pertanyaan.
Hendaklah menundukkan pandangan apabila terlihat aurat orang sakit atau sesuatu yang tidak disukai. Tidak boleh orang yang menjenguk mengarahkan pandangannya ke sana, bahkan dia harus memalingkan pandangannya.
Jangan terlalu lama saat menjenguk sehingga membuat orang yang sakit gelisah dan tidak nyaman. Karena terkadang orang sakit kebelet ingin ke kamar kecil, atau ingin mengganti baju, atau ingin buang angin, atau ingin beristirahat, atau ingin sarapan. Dia merasa tidak enak dengan orang yang menjenguk untuk melakukan hal-hal tersebut di depan mereka. Terkecuali jika yang menjenguk adalah keluarga dekat dan orang yang sakit sangat berharap dia duduk di dekatnya untuk menghiburnya, maka ini tidaklah mengapa.
Dan yang terakhir dari adab menjenguk orang sakit, hendaklah orang yang menjenguk mendoakannya agar cepat sembuh. Sungguh dalam hal ini terdapat beberapa doa yang yang di anjurkan, seperti,
  ( أَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ ( سبع مرات
“Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Pemilik ‘Arsy yang besar untuk menyembukanmu” (Tujuh kali),
Selain itu bisa juga dengan membaca do'a berikut ini  :
اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ إِشْفِ اَنْتَ الشّافِي لاَشِفَاءَ إِلاَّ شِفَـاءُكَ شِفَاءً لاَيُغَادِرُ سَقَمًا 
Allahumma Rabban naasi adzhibil ba’sa isyfi anta syaafi laa syifaa-a illa syifaa-uka syifaa-an la yughodiru saqomaan.

Artinya : 

”Ya Tuhanku, Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakit ini, sembuhkanlah, karena Engkaulah Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, sembuhkanlah dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan sakit".

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon