Cara Memperpanjang SIM Untuk Wilayah Kabupaten Murung Raya - Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan (Pasal 77 ayat (1) UU No.22 Tahun 2009) - dilansir dari id.wikipedia.

Cara Memperpanjang SIM Untuk Wilayah Kabupaten Murung Raya

Ada beberapa syarat untuk memperpanjang yang perlu dipersiapkan sebelum mengurus perpanjangan SIM untuk wilayah kabupaten murung raya di antaranya :
  • Fotocopy KTP 2 lembar
  • Pas Foto 3 X 4 / 4 X 6 = 2 lembar (latar bebas)
  • SIM yang asli

Setelah semua syarat sudah terpenuhi tinggal melakukan pendaftaran yang kemudian kita disuruh mengisi data yang diperlukan dan kemudian tinggal menunggu panggilan sesuai no antrian.

Pendaftaran di buka mulai jam 9 hingga jam 12 sedangkan dari jam 12 sampai jam 3 sore proses penyelesaian pencetakan SIM. Jika mendaftar di atas jam 12 maka SIM akan selesai esok hari.

Pada kasus pengalaman saya kemarin memperpanjang SIM C mendaftar sekitar jam 11 dan menunggu hingga jam 2 siang baru SIM selesai dan untuk biaya yang tertera untuk membuat SIM C baru Rp.100.000 tapi sebenarnya yang harus di bayar 300ribu sedangkan untuk perpanjangan SIM tertera cuma Rp.75.000 tapi setelah saya mengambil SIM ternyata harus banyar 200ribu.

Buat yang belum pernah perekaman 10 sidik jari dan tanda tangan, maka kita akan dipanggil keruangan untuk melakukan perekaman 10 sidik jari, tanda tangan dan foto langsung untuk foto di SIM nantinya.

Itulah sedikit pengalaman saya yang pertama kali memperpanjang SIM saya yang hampir jatuh tempo tanggal 19/12/2015 nanti dan semoga tulisan saya bisa membantu teman-teman sebelum memperpanjang SIM.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon