5 Cara Memperbaiki Laptop Hidup Langsung Masuk BIOS Terus – Selama saya menjadi dokter komputer sering kali mendapati laptop yang begitu dihidupkan langsung masuk ke dalam BIOS tidak bisa masuk Windows, ada yang laptop ACER, ada yang laptop ASUS, TOSHIBA.

5 Cara Memperbaiki Laptop Hidup Langsung Masuk BIOS Terus

Untuk mengatasi laptop yang di hidupkan langsung masuk BIOS sebenarnya sangatlah mudah, ikuti 5 caranya seperti di bawah ini :
  1. Pertama-tama cek pada bagian keyboard untuk memastikan tidak ada yang konslet seperti tombol f2 atau tombol delnya. Kalau perlu cabut terlebih dahulu kabel fleksibel keyboard.
  2. HDD (Hardisk) Rusak, coba lihat di BIOS pada menu MAIN jika nama HDD tidak ada berarti Hardisk rusak tidak terdeteksi.
  3. Kemudian kembalikan pengaturan BIOS ke pengaturan semula dengan menekan tombol f9 biasanya lalu tekan tombol f10 – Yes – Enter. (beda laptop beda tombol savenya ada juga yang f4)
  4. Tekan tombol power setelah itu langsung tekan tombol ESC (ditahan) sampai berhasil masuk windows, jika tidak berhasil ulangi sampai berhasil.
  5. Jika belum bisa juga ini caranya sedikit ribet yaitu harus membongkar laptop untuk melepaskan baterai CMOS selama 1 menit lalu pasang kembali dan coba hidupkan.

Dari 5 permasalah di atas yang paling sering saya jumpai adalah poin yang pertama, kedua dan yang ketika, sedangkan yang di bawahnya sangat jarang terjadi.

Paling populer adalah yang pertama yaitu bermasalah pada keyboard, jika masalahnya masih ringan bisa dengan membongkar keyboard lalu membersihkan bagian bawah tombol f2 atau del setelah itu pasang kembali seperti semula dan coba hidupkan.

Jika masih belum bisa berarti harus mengganti keyboard. Bisa bawa ke tukang service atau bongkar terus ganti sendiri dan ingat jikalau mengganti sendiri pastikan anda membeli keyboard yang pas dengan merek serta tipe laptop anda.

Apabila HDD yang rusak solusi terbaiknya adalah mengganti HDD karena sangat jarang sekali HDD yang rusak bisa di perbaiki.

Demikianlah 5 cara mengatasi laptop yang ketika dihidupkan langsung masuk BIOS, semoga masalahnya bisa teratasi.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon