6 Cara Mengatasi Suara Laptop Hilang Secara Tiba-tiba Untuk Semua Merk – Semua merk laptop memiliki potensi hilang suara atau mati seperti Acer, Axioo, Lenovo, Toshiba, HP, Dell, dll dan yang terjadi pada laptop ASUS teman saya. Tiba-tiba suara laptop ASUS milik teman saya hilang ketika sedang menonton film. Tunggu jangan stress,,,, jangan buru-buru di bawa ke tukang service, kita bisa melakukan beberapa percobaan untuk mengatasi suara laptop hilang atau tidak berbunyi.

6 Cara Mengatasi Suara Laptop Hilang Secara Tiba-tiba Untuk Semua Merk

Memang buat yang suka mendengarkan music atau menonton film pasti akan merasakan hal ini sangatlah menganggu, termasuk saya penyuka kedua. Kadang suka mutar music buat hiburan atau menenangkan fikiran atau nonton film biar ga ketinggalan kabar. Teman cerita film ini kita juga tau (yaaa,,,, bisa nyambung lah apa yang dibicarakan) hehe,,,,

Ikuti langkah cara mengatasi suara laptop hilang seperti berikut ini :

  1. Klik start – pada computer - klik kanan – manage – Device Manager - klik pada panah kecil di Sound, video dan game controllers - di bawahnya akan muncul type hardware masing-masing audio yang terpasang pada laptop / Klik start – pada computer - klik kanan – Properties – Device Manager - klik pada panah kecil di Sound, video dan game controllers - di bawahnya akan muncul type hardware masing-masing audio yang terpasang pada laptop – Klik kanan pilih Uninstall terus restart laptop (apakah suara sudah berfungsi) jika masih belum coba klik kanan lagi lalu pilih Disable restart laptop kemudian klik kanan lagi Enable (restart).
  2. Jika masih belum bisa juga coba download aplikasi Driver Sound terbaru di website resmi masing-masing merk laptop sesuai dengan type dan OSnya dan install aplikasi Driver Soundnya.
  3. Jika install Driver Sound terbaru masih belum berhasil coba colokkan pada jack audio headset atau speaker eksternal apakah ada suara yang keluar ?, jika ada suara yang keluar maka dapat di pastikan hardware speaker tanam pada laptop anda rusak total dan bisa di kanibal dengan laptop yang sama merk juga type yang speakernya baik. Beli online juga sekarang banyak yang jual.
  4. Cara selanjutnya yang paling mudah untuk mengatasi laptop hilang suara adalah dengan membeli USB Sound Card langsung colok pada Port USB dan pakai.
  5. Atau buat laptop yang sudah memiliki Port HDMI bisa memanfaatkan Port HDMI dengan menghubungkannya langsung ke layar monitor, jadi outputnya langsung di monitor gambar dan suaranya.
  6. Bisa juga beli HDMI to VGA yang ada jack audionya jadi bisa di manfaatkan jack audionya untuk di sambungkan ke speaker eksternal.
6 Cara Mengatasi Suara Laptop Hilang Secara Tiba-tiba Untuk Semua Merk
USB Sound Card

6 Cara Mengatasi Suara Laptop Hilang Secara Tiba-tiba Untuk Semua Merk
HDMI to VGA
Demikianlah cara mengatasi suara laptop hilang yang dapat saya sampaikan berdasarkan pengalaman saya dan memang beberapa perangkat keras pada laptop sangat rentan akan kerusakan salah satunya speakernya. Oleh karena itu perawatan laptop itu penting agar laptop awet dan tahan lama, sekian dari saya semoga bermanfaat untuk kita semua dan selamat mencoba.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon