Cara Mudah Mengatasi Laptop Layar Hitam (Blank Screen) Saat Dinyalakan – Laptop hidup namun layar layar tetap hitam (tidak ada tampilan) baik itu masuk BIOS ataupun Windows dan fungsi laptop seperti LED power menyala, DVD-Rom saat di tekan mau terbuka, kipas berputar dan berbunyi normal, bunyi HDD juga sedikit terdengar.

Cara Mudah Mengatasi Laptop Layar Hitam (Blank Screen) Saat Dinyalakan

Secara garis besar kita langsung saja fokus kepada LCD laptop, memang secara keseluruhan penyebab layar laptop hitam ada banyak sekali namun yang sering saya temui selama pengalaman saya penyebabnya adalah hardware laptop yang terletak pada LCD laptop.

Untuk memastikan masalah laptop yang jika di hidupkan layar tetap hitam kita bisa mencoba dengan mencolokkan monitor eksternal baik itu menggunakan Port VGA ataupun Port HDMI, jika tampilan pada monitor normal maka sudah dapat di pastikan monitor LCD laptop rusak.

Cara Mudah Mengatasi Laptop Layar Hitam (Blank Screen) Saat Dinyalakan
Port VGA dan HDMI pada laptop

Selanjutnya tinggal bawa ke tukang service laptop atau perbaiki sendiri kalau bisa, kalau mau memperbaiki sendiri berarti kita harus beli LCD sendiri di toko komputer atau beli online bisa juga.

Pastikan saat membeli LCD laptop harus sesuai dengan Merk dan Type laptop karena beda merk dan type bisa mengakibatkan LCD tidak cocok pada laptop yang akan diperbaiki. Biasanya yang beda pada LCD laptop adalah ketebalan LCD,  letak lubang baut dan  besar kecilnya slot kabel fleksibel. (Jadi Harus Hati-Hati, Jangan Sampai Salah Beli).

Untuk membuka casing penutup LCD laptop sangat mudah, jika yang ada bautnya silahkan di lepas terlebih dahulu baru di buka menggunakan benda tipis seperti pisau dapur atau obeng minus, sedangkan jika tanpa baut langsung saya congkel menggunakan obeng minus.

Cara Mudah Mengatasi Laptop Layar Hitam (Blank Screen) Saat Dinyalakan

Saat pembukaan casing penutup LCD laptop sebaiknya hati-hati karena casing sangat tipis dan mudah patah, jadi bukalah secara perlahan-lahan. Buka mulai dari pojok kanan atas.

Setelah casing LCD laptop terbuka,,,, lepaskan baut penahan LCD laptop bisanya ada di 4 sudut dan saat pelepasan kabel fleksibel berhati-hatilah sedikit karena kabel rawan sobek. Jika sudah berhasil di lepas pasang LCD baru seperti semula dan coba hidupkan.

Jreng.... Jreng.... !!

Layar laptopnya sudah kembali normal.

Demikianlah cara mengatasi atau memperbaiki laptop layar hitam saat dihidupkan, itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba.

Tambahan :

Harga setiap LCD Laptop berbeda-beda sesuai dengan Merk dan Typenya.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon