Cara Saya Memperbaiki Modem Yang Tidak Terdeteksi atau Terbaca (JITU) – Pada tulisan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengenai bagaimana cara memperbaiki modem yang tidak terdeteksi pada laptop atau komputer yang pernah penulis sendiri alami dan semoga saja apa yang saya sampaikan di sini bisa memecahkan masalah yang sama walaupun jenis modemnya beda.

Cara Saya Memperbaiki Modem Yang Tidak Terdeteksi atau Terbaca (JITU)
Ilustrasi modem tidak terdeteksi pada laptop atau komputer

Dari yang saya ketahui ada beberapa penyebab kenapa modem bisa tidak terdeteksi pada laptop atau komputer, diantaranya :

  1. Sering gonta-ganti Port USB saat menggunakan modem.
  2. Pernah mencabut modem sebelum di disconnect dan menutup aplikasi modem terlebih dahulu
  3. OS terinfeksi virus berbahaya. (solusinya install ulang).
  4. Atau memang Port USB sudah longgar.

2 penyebab utama yang saya ketahui saat ini yang menjadi penyebab kenapa modem tidak terdeteksi pada laptop atau komputer yaitu terletak pada poin no 1 dan 2.

Agar modem yang kita miliki awet dan bandel sebaiknya gunakan Port USB yang sama jangan ganti-ganti kadang di kanan dan kadang di kiri dan jika mulai awal menggunakan Port USB 3.0 untuk modem gunakan itu terus jangan ganti ke Port USB 2.0.

Sebelum melepas modem sebaiknya Disconnect terlebih dahulu pada aplikasi modemnya lalu close aplikasi modem setelah itu baru modem di cabut.

Modem punya saya mulai dari kuliah dulu selama 3 tahun setengah sampai sekarang saya bekerja masih mantap di gunakan setiap hari malahan digunakan dan sekarang umurnya kurang lebih 6 tahun. Kuncinya yaitu jangan sembarangan.

Buat yang modemnya sudah terlanjut tidak terdeteksi sebaiknya ikuti cara berikut ini cara memperbaiki modem yang tidak terdeteksi pada laptop atau komputer.

Pertama-tama hapus atau uninstall aplikasi modem dengan masuk ke Control Panel. Jika belum mengerti atau belum pernah hapus aplikasi silahkan buka dan baca-baca di internet sudah banyak yang membagikan bagaimana cara menghapus aplikasi baik itu pada windows 7, windows 8 dan windows 10.

Jika sudah uninstall aplikasi modemnya langkah selanjutnya adalah merestart laptop atau komputer atau bisa juga di matikan terlebih dahulu baru di hidupkan lagi.

Setelah laptopnya hidup coba colokkan modemnya dan install aplikasi modem sebagaimana biasanya, sebaiknya gunakan Port USB yang sedikit sesak jangan yang longgar dan ingat jangan ganti-ganti port USB lagi saat menggunakan modem.

Sampai di sini biasanya modem sudah terdeteksi seperti semula dan jika masih tidak terdeteksi ada kemungkinan modem rusak. Ada baiknya coba modem di laptop teman atau komputer kantor untuk memastikan apakah modem rusak atau tidak.

Dan jika ternyata saat di coba pada laptop teman dan di komputer kantor modem berjalan dengan baik berarti ada masalah dengan laptop anda (biasanya terinfeksi virus).

Cara yang terakhir untuk mengatasi modem tidak terdeteksi ini sedikit ribet yaitu harus install ulang OS, kalau bisa sendiri yaa,,,, silahkan kalau ga bisa tinggal serahkan pada tukang service dan ingat backup terlebih dahulu data-data anda yang ada di local disk C, di dokumen, di picture dan di video.

Demikianlah cara memperbaiki modem tidak terdeteksi pada laptop atau komputer yang dapat saya sampaikan berdasarkan pengalaman penulis sendiri, semoga saja anda yang mengalami masalah yang sama dapat teratasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon