Cara Memperbaiki Tidak Ponsel Yang Tidak Bisa Kirim SMS - Apa ada di antara teman-teman di sini yang ponsel, HP atau smartphonenya tidak bisa mengirim sms (bukan karena kehabisan pulsa), gagal terus atau parahnya muncul tanda seru merah. Maka silahkan baca artikel ini sampai tuntas agar masalah yang teman-teman hadapi dapat terselesaikan dengan tepat dan cepat.

Cara Memperbaiki Tidak Ponsel Yang Tidak Bisa Kirim SMS

Silahkan Ikuti Langkah Cara Memperbaiki Tidak Ponsel Yang Tidak Bisa Kirim SMS Berikut ini  :


  • Periksa pengaturan sms ponsel.
  • Pastikan jaringan operator tidak sedang mengalami gangguan.
  • Periksa sinyal ponsel.
  • Periksa masa aktif Kartu.
  • Pastikan nomor pusat pesan sudah sesuai dengan operator/kartu yang dipakai.

Jika langkah di atas di rasa sudah tidak ada masalah silahkan lakukan pengecekan pada settingan pusat pesan sms apakah sudah benar seperti di bawah (sesuai operator masing-msing). Seandainya berbeda berarti letak permasalahannya adalah pada pusat pesan silahkan langsung ganti ke nomor pusat pesan yang benar seperti di bawah  :

Pusat Pesan Indosat
Mentari [Indosat] : +62816124
IM3 [Indosat] : +62855000000

Pusat Pesan Telkomsel
Simpati & Kartu As [Telkomsel] : +6281100000

Pusat Pesan XL
XL [Excelcomindo] : +62818445009

Pusat Pesan Three
Three [Hutchinson] : +6289644000001

Pusat Pesan Axis
Axis [Lippo Tel] : +628315000032

Setelah melakukan perubahan pada pusat pesan dan ponsel masih tidak bisa digunakan untuk mengirim SMS, maka permasalahan yang sebenarya terletak pada perangkat lunak (software) ponsel. Silakan flash atau upgrade OS ponsel Anda. Ini merupakan langkah terakhir untuk memperbaiki ponsel yang tidak bisa dipakai untuk mengirim SMS.

Saya pernah punya pengalaman pada waktu SMA dahulu pernah otak atik pada bagian pusat pesan dengan mengganti pusat pesan dengan yang lain dan ternyata bisa untuk sms gratis (tanpa dipotong pulsa) namun tidak bertahan lama cuma 3 hari kalau ga salah, setelah itu pusat pesat tersebut tidak bisa digunakan kembali dan akhirnya saya kembalikan nomor pusat pesannya ke asal, untung bisa,, hehe.

Jika cara di atas belum memberikan pencerahan, coba pindahkan simcard ke ponsel lain, kemudian coba kirim sms. Siapa tahu masalahnya ada di ponsel lama tersebut, dan sumber masalahnya kita sama-sama belum tahu. Kalau ternyata bisa kirim sms, berarti ini adalah sindiran halus agar beli handphone baru, hehe.

Jika masih belum bisa sms juga, kita boleh mulai curiga, jangan-jangan operatornya sedang mengalami gangguan network. Silakan ditunggu saja, dicoba lagi secara berkala, sambil sesekali direstart ponselnya.

Bisa juga jika punya waktu luang datang langsung ke kantor pelayanan operator seluler yang digunakan. Siapa tahu ada masalah dengan simcard, sehingga perlu diutak-atik oleh customer service, bahkan bila perlu diganti kartu fisik baru. 

Demikianlah Cara Memperbaiki Tidak Ponsel Yang Tidak Bisa Kirim SMS yang bisa saya paparkan. Semoga bermanfaat.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon