80 Contoh Judul Skripsi Pendidikan Bahasa Dan Sastra - Membuat atau menentukan judul skripsi ternyata bukan perkara yang mudah. hal ini dikarenakan judul skripsi akan menentukan keseluruhan isi skripsi yang akan dikerjakan. tak jarang para mahasiswa akan kelimpungan dan ditimpa stress berkepanjangan hanya karena kesalahan dalam membuat judul skripsi. 

Sebelum membuat judul hendaknya mempertimbangkan beberapa hal penting. seperti waktu penelitian dan tingkat kesulitan skripsi itu sendiri. banyak mahasiswa yang berapi-api dalam membuat judul terbaik tetapi pada akhirnya harus menyesal ditengah jalan karena judul yang dibuat ternyata sangat sulit dan membutuhkan jangka waktu yang lama dalam penelitiannya. sehingga harus rela untuk menunda waktu wisuda nya. 

80 Contoh Judul Skripsi Pendidikan Bahasa Dan Sastra

hal lain yang harus dipertimbangkan dalam membuat judul skripsi adalah jenis metode penelitian dan instrument penelitian. dua hal tersebut ternyata menjadi sandungan terbesar bagi para mahasiswa terlebih jika mahasiswa tersebut tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang berbagai metode penelitian dan instrument yang tepat bagi penelitannya.

Berikut ini ada 5 cara membuat judul skripsi yang tepat :

1. Tentukan masalah 
Teliti terlebih dahulu berbagai masalah yang dihadapi dalam ruang lingkup atau bidang kuliah. semakin banyak masalah yang kita temukan akan semakin terbuka banyak judul skripsi yang mengalir.

2. Tentukan variabel
Dari berbagai masalah yang sudah di temukan kita dapat menentukan berbagai variabel yang akan digunakan dalam penelitian yang akan anda kerjakan. pilihlah variabel yang sesuai dengan minat.

3. Tentukan metode penelitian
Pada saat menentukan metode penelitian pertimbangkan baik-baik langkah yang akan di ambil. karena hal ini menentukan tingkat kesulitan penggarapan skripsi. metode penelitian kualitatif biasanya memakan waktu yang cukup lama ketimbang metode kuantitatif. kita bisa melihat berbagai skripsi dan membandingkannya terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran keseluruhan tentang jenis skripsi yang akan di kerjakan.

4. langsung kerja
Jika 3 poin diatas sudah rampung kita bisa langsung lanjut membuat/menetukan judul skripsi dan tentunya langsung menggarap skripsi. dan perlu diingat bahwa dalam penggarapan skripsi yang terpenting adalah intensitas dan kuantitas dalam menggarap. masalah kualitas dapat diolah melalui bimbingan skripsi. banyak mahasiswa yang terlalu fokus pada kualitas tetapi mandek berbulan-bulan. padahal pada penggarapan skripsi kualitas diolah bersama pembimbing skripsi. jangan mendek jika skripsi harus di revisi

5. Cara buat
Jika sudah siap kita langsung buat judul nya. caranya adalah tentukan what, how and who. contoh :

How : PENERAPAN MEDIA KARTU PERMASALAHAN (CARD PROBLEM)
What : DALAM PEMBELAJARAN DISKUSI 
Who : SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 CIMAHI

Di rangkai akan menjadi judul "PENERAPAN MEDIA KARTU PERMASALAHAN (CARD PROBLEM) DALAM PEMBELAJARAN DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 CIMAHI"

Bagi teman-teman yang sedang membutuhkan beberapa contoh judul skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia maka sangat tepat sekali sudah membuka artikel ini  :

  1. PENERAPAN MEDIA KARTU PERMASALAHAN (CARD PROBLEM) DALAM PEMBELAJARAN DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 CIMAHI
  2. PENERAPAN METODE BERBAGI PENGALAMAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMAN 2 BANDUNG)
  3. UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PARTISIPATIF
  4. PEMBELAJARAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMAN 15 BANDUNG
  5. PENGGUNAAN MEDIA LAGU GRUP VOCAL SAKHA DALAM PEMBELAJARAN STDY EKSPERIMEN SEMU PADA SISWA KELAS VIII SMPN 15 BANDUNG
  6. PENERAPAN METODE DUNDUNBERABE DALAM MEMBERIKAN KRITIK TERHADAP INFORMASI MEDIA CETAK
  7. PENERAPAN TEKIK MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DETECT DAN REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN BERDISKUSI PADA SISWA SMK PGRI 2 CIMAHI
  8. MAKIAN DALAM BAHASA INDONESIA
  9. : Suatu Kajian Bentuk Dan Referensi Pada Komik
  10. PENGGUNAAN MEDIA BERITA DOKUMENTER DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 CIMAHI TAHUN AJARAN 2099/2010
  11. METODE PENGALIRAN IMAJI (IMAGE STREAMING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF
  12. SISWA SMA PURAGABAYA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2007/2008
  13. KAJIAN DIAKRONIK PERUBAHAN EJAAN BAHASA INDONESIAUPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA MELALUI STRATEGI BELAJAR BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
  14. PENGGUNAAN PRINSIP KERJA SAMA PADA TEKS PIDATO Ir. SOEKARNO
  15. UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK TRANSFORMASI FILM
  16. KAJIAN TERHADAP BAHAN AJAR MEMBACA DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VII
  17. CARA BELAJAR SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL DALAM PEMBELAJARAN KEBAHASAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010
  18. KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DEBAT KOMPETITIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA
  19. PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN SHAMPO PADA MAJALAH FEMINA
  20. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REKAMAN IKLAN TELEVISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDUNG
  21. PENERAPAN TEKNIK REK (READ EXPLAIN, AND IMITATION STYLE) DALAM MENCERITAKAN TOKOH TOKOH IDOLA
  22. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK TERATAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 CIMAHI TAHUN AJARAN 2009/2010
  23. STRATEGI WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? (REFLEKSI PENGALAMAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA : (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 15 Bandung Tahun Ajaran 2009/2010)
  24. PENGGUNAAN MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN UNTUK MENINGKATKAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X MAN 1 BANDUNG 2009/2010
  25. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PERSUASI SISWA SMA KELAS X DENGAN MEDIA IKLAN AUDIOVISUAL
  26. KAJIAN STRUKTUR, KONTEKS PENUTURAN, FUNGSI, DAN PROSES PENCIPTAAN CERITA NINI ANTEH DI KOTAMADYA DAN KABUPATEN BANDUNG
  27. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MEDIA EDITORIAL SURAT KABAR
  28. PENGGUNAAN ABREVIASI DI LINGKUNGAN TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN DARAT (TNI AD
  29. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PARAFRASE CERPEN
  30. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI TEKNIK BELAJAR BERDASAR-AKTIVITAS (BBA)
  31. KEEFEKTIFAN MEDIA VCD PEMENTASAN DRAMA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 CIMAHI TAHUN AJARAN 2008/2009
  32. PROFIL PEREMPUAN ASMAT (MAKNA DARI CERITA LISAN CINTA SEGITIGA ANTARA BIS, PIS, DAN BEORPIT, CERITA BIS,
  33. DAN KISAH CINTA BEWORPIT DAN TEWERUT)
  34. UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN OTENTIK PADA SISWA KELAS VII SMA NEGERI 29 BANDUNG : Penelitian Tindakan Kelas
  35. UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE AKTIF-REFLEKTIF
  36. DEIKSIS DALAM TUTURAN ANAK USIA 3-5 TAHUN
  37. PENERAPAN MODEL TIME TOKEN UNTUK MEMOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA
  38. PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN TEKNIK TIGSAW PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2006/2007
  39. EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENYIMAK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL
  40. ANALISIS WACANA KRITIS IKLAN TENTANG PERGURUAN TINGGI PADA KORAN PIKIRAN RAKYAT EDISI MARET-MEI 2009
  41. PENGGUNAAN TEKNIK ACTIVE DEBATE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SMA
  42. UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA (KEM) MELALUI PELATIHAN QUANTUM READER
  43. MODEL PEMBELAJARAN MENULIS RESENSI NOVEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOLABORASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 BANDUNG TAHUN AJARAN 2005-2006
  44. EFEKTIVITAS METODE ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI
  45. EKSISTENSI WARIA DALAM KUMPULAN CERPEN PEREMPUAN TANPA V KARYA MERLYN SOPJAN : Analisis Deskriptif Terhadap Cerpen “Perempuan Tanpa Vagina”, “Rumahmu adalah Hatiku”, “Mbak Inul Mati Mbok..” dengan Menggunakan Pendekatan Sosiologi Sastra
  46. PENGGUNAAN TEKNIK KELILING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI SISWA :
  47. Suatu Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Bandung Tahun Ajaran 2008/2009
  48. PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA
  49. PENGGUNAAN TEKNIK DRAMA KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA
  50. KONSTRUKSI PEMBERITAAN KONFLIK PALESTINA DAN ISRAEL DALAM HARIAN UMUM REPUBLIKA DAN KOMPAS
  51. PERANG BUBAT DALAM NOVEL PERANG BUBAT KARYA YOSEPH ISKANDAR DAN NOVEL DYAH PITALOKA, SENJA DI LANGIT MAJAPAHIT KARYA HERMAWAN AKSAN
  52. PENGGUNAAN METODE PENGALIRAN IMAJI (IMAGE STREAMING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN
  53. EFEKTIVITAS STRATEGI BELAJAR CERIA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI
  54. MANTRA BERCOCOK TANAM PADI SAWAH DI DESA LEUWEUNGGEDE : ANALISIS STRUKTUR, KONTEKS PENUTURAN, PROSES PENCIPTAAN, DAN FUNGSI
  55. STRATEGI KOMUNIKASI TUTOR DALAM TUTORIAL TATAP MUKA UNIVERSITAS TERBUKA DITINJAU DARI PRAGMATIK
  56. PERBANDINGAN AFIKS meN- DALAM BAHASA INDONESIA DAN AFIKS N- DALAM BAHASA SUNDA
  57. PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI 3D UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN
  58. PENGGUNAAN MEDIA TAYANGAN FILM TELEVISI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN
  59. PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN EKSPLOSITORIS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MENIRU MODEL : PENELITIAN EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS VII SMON 29 BANDUNG TAHUN AJARAN 2008/2009
  60. CITRA PORNOGRAFIS DALAM IKLAN PREMIUM CALL SURAT KABOR LAMPU HIJAU
  61. PENERAPAN TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI
  62. PRESENTASE KEKERABATAN DAN MASA PISAH BAHASA SERAWAI DDAN BAHASA KAUR DI PTOVINSI BENGKULU
  63. PENGEMBANGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL JARING LABA-LABA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA :
  64. Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa SMP Negeri 5 Bandung Kelas VIII Tahun Ajaran 2007/2008
  65. UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK COPY THE MASTER MODIFIKASI :
  66. Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Cimahi Tahun Ajaran 2009-2010
  67. PENERAPAN MEDIA FILM DOKUMENTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA :
  68. Studi Pra-Eksperimen terhadap Siswa Kelas X SMA Kartika Siliwangi 2 Bandung Tahun Ajaran 2009/2010
  69. FORMULA 5S DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ESAI :
  70. Penelitian Eksperimen Semu terhadap Siswa Kelas XI Busana I SMK BPP Bandung Tahun Ajaran 2009/2010
  71. PEMANFAATAN MEDIA LAGU DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BIPA TINGKAT MENENGAH
  72. : study kasus terhadap siswa BIPA di winma Bahasa yogyakarta tahun 2008
  73. PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN NARASI FAKTUAL DENGAN METODE CURAH GAGASAN :
  74. Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII-L SMP Negeri 1 Telagasari Karawang Tahun Ajaran 2009/2010
  75. PENYUSUNAN BAHAN AJAR MEMBACA BAGI PEMBELAJAR BIPA TINGKAT LANJUT
  76. PENGGUNAAN TEKNIK DUTI-DUTA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 1 SUMEDANG TAHUN AJARAN 2009/2010
  77. Kajian Tuturan Anak Tunarungu Ditinjau dari Pola Kalimat Dasar
  78. PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING : (Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VII-7 SMP Negeri 1 Bandung Tahun Ajaran 2007/2008)
  79. PEMANFAATAN STRATEGI BENAR ATAU SALAH DALAM PEMBELAJARAN LOLOM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF SISWA KELAS X SMA NEGRI 19 BANDUNG TAHUN PELAJARAN2007/2008
Semoga ke 80 Contoh Judul Skripsi Pendidikan Bahasa Dan Sastra di atas bermanfaat buat teman-teman semua.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon