Apa Itu Rockwool dan Apa Guna Rockwool - Rockwool adalah salah satu media tanam yang banyak digunakan oleh para petani atau pengrajin tanaman hidroponik di Eropa dan sekarang sedang hotnya di Indonesia. Kelebihan media tanam Rockwool ini dengan media tanam lainnya adalah dalam hal perbandingan komposisi air dan udara yang bisa disimpan oleh media tanam Rockwool.

Apa Itu Rockwool dan Apa Guna Rockwool

Rockwool sebenarnya terbuat dari batu basalt yang dipanaskan pada suhu 1.600 C sehingga meleleh seperti lava panas dan pada saat pada kondisi cair batu basalt tersebut disentrifugal terbentuk serat-serat, lalu setelah mendingin kumpulan serat ini dipotong dengan ukuran-ukuran yang sesuai dengan kebutuhan para petani hidroponik. Karena dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi maka secara otomatis kandungan pathogen yang menyebabkan penyakit pasti mati.

Dilansir dari id.wikipedia - Rockwool pertama kali dibuat pada tahun 1840 di Wales oleh Edward Parry, namun karena massa jenis yang ringan dan kondisi penyimpanan yang tidak baik, tiupan angin yang sedikit dapat menerbangkan rockwool yang telah diproduksi dan membahayakan lingkungan kerja. Sehingga produksi ketika itu harus dihentikan.

Apa Itu Rockwool dan Apa Guna Rockwool

Rockwool terbuat dari bebatuan, umumnya kombinasi dari batuan basalt, batu kapur, dan batu bara. Rockwool dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari tahap persemaian sampai pada fase produksi. Keungulan pemanfaatan rockwool sebagai media tanam yaitu :
  • Ramah lingkungan
  • Tidak mengandung patogen penyebab penyakit
  • Mampu menampung air hingga 14 kali kapasitas tampung tanah
  • Dapat meminimalkan penggunaan disinfektan
  • Dapat mengoptimalkan peran pupuk.

Selain sebagai media tanam, rockwool juga digunakan sebagai insulasi termal dan penyerap suara yang baik. Demikianlah sedikit informasi Apa Itu Rockwool dan Apa Guna Rockwool. Semoga bermanfaat.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon