Ini Solusi NIK dan No KK Tidak Sesuai Saat Mendaftar SSCN BKN CPNS - Pendaftaran CPNS sekarang ini sudah online dan hanya 1 situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) yaitu sscn.bkn.go.id.

Para pelamar CPNS diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan NIK dan No KK. Namun sayangnya tidak semua pelamar  bisa registrasi contohnya saya sendiri mengalami NIK dan KK tidak sesuai, tetapi apabila registrasi menggunakan No KK yang masih bersama orang tua bisa masuk.

Menurut Ditjen Dukcapil, ketidaksesuaian NIK dan No KK ini disebabkan oleh beberapa masalah, diantaranya seperti penggunaan nomor KK lama, penduduk yang tidak melapor sesuai prosedur saat pindah datang dari daerah lain, dan NIK KTP yang tidak ditemukan meski pengguna sudah memiliki KTP elektronik.

Ini Solusi NIK dan No KK Tidak Sesuai Saat Mendaftar SSCN BKN CPNS

Terkait masalah penduduk yang tidak melapor ke kantor saat pindah datang, Zudan menjelaskan hal ini menyebabkan adanya dua NIK atas satu orang yang sama yang terdaftar di Dukcapil. 

"Yang bersangkutan tidak melapor (saat pindah datang), makanya dibuat NIK baru sehingga ada dua NIK yang berbeda namun orangnya sama," tulisnya lagi. 

NIK ganda ini diterangkan oleh Zudan lantaran Dukcapil mengindikasikan adanya data NIK yang konflik. "Termasuk dalam kategori data ganda karena sidik jarinya sama. Ditambah lagi jika yang bersangkutan sudah pernah rekaman (data e-KTP),". 

Ini Solusi NIK dan No KK Tidak Sesuai Saat Mendaftar SSCN BKN CPNS

Ditjen Dukcapil mengimbau agar peserta CPNS yang kesulitan mendaftar atau registrasi NIK dan nomor KK di situs SSCN BKN untuk melihat kembali apakahsudah memasukkan NIK dan nomor KK yang baru dan benar atau tidak. 

Jika masih bermasalah dengan NIK dan Nomor KK, peserta bisa memasukkan NIK Kepala Keluarga sebagai pengganti No KK. 

Jika Masih saja tidak bisa daftar dan selalu muncul pemberitahuan NIK dan No KK tidak sesuai, Ditjen Dukcapil meminta pendaftar CPNS untuk menghubungi Call Center Dukcapil di nomor ini 1500537.

Bantuan lainnya bisa menggunakan layanan via Whatsapp atau SMS ke nomor 0811-8005-373. Atau bisa juga mengirimkan email ke callcenter.dukcapil@gmail.com dengan menuliskan nomor yang dapat dihubungi, lebih lengkap lagi kalau dilampirkan scan KKnya.

Itulah Solusi NIK dan No KK Tidak Sesuai Saat Mendaftar SSCN BKN CPNS, semoga bisa cepat diperbaiki. Amin.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon