Setiap orang berbelanja online pasti pernah terlintas di benak "amankah transaksi online di toko ini ??" begitu juga yang saya rasakan terlebih lagi jika itu toko baru yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya (belum pernah bertansaksi di sana). Selalu muncul berbagai pertanyaan di benak. Oleh sebab itu sebagai penjual atau pembisnis online kita harus bisa menjaga kepercayaan pelanggan sebab itu kunci utama untuk suksesnya berbisnis online dan juga untuk jangka panjang nantinya agar pelanggan kembali membeli dan membeli lagi di toko online kita. Bedakan toko online dengan toko fisik (offline).

Cara Menjaga Kepercayaan Pelanggan (Bisnis Online)

Kita dihadapi dengan beberapa situasi yang pasti seperti tidak bisa bertatap muka langsung antara penjual dan pembeli, pembeli tidak dapat melihat barang lasung secara fisik (apalagi memegangnya) dan pembayaran hanya dilakukan dengan cara transfer-mentransfer. Banyak tingkat penipun membuat banyak pembeli online merasa jera dan ragu untuk bertransaksi online padahal masih banyak toko online yang bisa dipercaya dan diacungi jempol, untuk mengatasi hal tersebut mari kita ketahui bagaimana cara menjaga kepercayaan pelanggan, berikut ulasannya :

1. Tulis informasi sejelas mungkin
Jika kita menjual barang bekas maka tulis BEKAS dan apa bila baru maka tulis BARU (jangan sebaliknya). Bisnis dengan cara menipu tidak akan bertahan lama uang yang didapatpun tidak berkah. Tulis deskripsi, harga, model, ukuran, warna, dll secara jelas. Tujuannya adalah agar pelanggan tidak merasa ditipu dengan barang yang dibelinya.

2. Mudah dihubungi dan fast respon
Menaggapi pelanggan dengan cepat itu sangat penting, jangan membalasa sms pelanggan 30 menit kemudian bisa jadi pelanggan mencari produk yang dicarinya ke toko lain. Cantumkan beberapa alat komunikasi untuk memudahkan pelanggan menghubungi sepeti  : hp/sms, BBM, Line, Whatsapp, Twitter, Skype, Facebook, dll. Dengan tersedinya berbagai pilihan komunikasi ini sangat membantu pelanggan mengkonfirmasi pembayaran dan sebagainya.

3. Buat tampilan situs yang menarik
Selain 2 informasi di atas situs yang enak dipandang juga salah satu jimat penarik uang agar pelanggan jatuh hati saat pertama kali melihat, kita bisa mengambil pelajaran dari situs lazada indonesia,, tampilannya bagus, loadingnya cepat, banyak diskon, dll.

4. Cantumkan testimonial
Dengan mencamtumkan testimonial dari pelanggan sebelumnya yang sudah pernah belanja di toko kita (bisa kita ambil contoh dari tokopedia yang selalu mewajibkan pembeli menulis tertimonial setelah transaksi sukses). Dari beberapa pendapat termasuk pembeli berpengalaman seperti saya pasti mencari tesrimonial terdahulu sebelum memutuskan membeli produk tersebut.

5. Menerima return barang
Tidak selamanya setiap transaksi berjalan lancar aman dan damai ada kalanya barang yang kita jual cacat pabrik, datang terlambat, barang rusak ketika pengiriman, dll. Tentu kita harus siap dengan semua resiko itu demi menjaga kepercaay pelanggan untuk jangka panjang.

6. Hargai pelanggan
Karena setiap pelanggan atau calon pembeli yang datang adalah raja, jadi jamulah sebisa mungkin agar kita bisa mendapatkan sedikit uang dari kantong mereka,, hehe.

Jagalah kepercayaan pelanggan sebab kepercayaan adalah investasi kejujuran yang berbuahkan uang di masa mendatang. Semoga bermanfaat.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon