Cara Menjaga Agar Baterai Laptop Awet Serta Berumur Panjang - Seperti kita ketahui bersama bahwasanya baterai adalah salah satu komponen penting pertama yang harus di jaga. Perusahaan sekarangpun berlomba-lomba untuk memberikan jenis baterai terbaiknya untuk setiap jenis laptop baru yang mereka keluarkan. Namun masih saja masalah masa pakai baterai menjadi masalah yang besar.

Cara Menjaga Agar Baterai Laptop Awet Serta Berumur Panjang

Masa pakai baterai yang cenderung tidak tahan lama disebabkan berbagai macam hal, seperti diantaranya : RAM yang tinggi, kecepatan CPU, kerja grafis yang tinggi, dll. Maka dari itu kita perlu mengetahui bagaimana cara menjaga dan merawatnya agar baterai laptop lebih awet, tahan lama dan berumur panjang. Berikut beberapa tips yang bisa saya share :

  • Lakukan charging untuk laptop baru, kebiasaan yang terjadi di masyarakat kita adalah setelah membeli laptop baru langsung dipakai dan cara yang benar adalah kita harus melakukan proses charging terlebih dahulu selama 4 - 8 jam hingga baterai full. Memang instruksi ini tidak ada di buku petunjuk tapi inilah langkah awal untuk merawat baterai laptop agar lebih awet.
  • Jangan mengaktifkan bluetooth dan wifi jika tidak diperlukan sebab tanpa kita sadari kedua fitur ini jika terus menyala menguras daya baterai secara perlahan terutama jika menghidupkannya di tempat yang tidak ada sinyal wifi / bluetooth. Karena konsep keduanya ialah untuk menerima dan mengirim yang tentunya memerlukan daya.
  • Matikan screen saver dan kurangi kecerahan layar. Penggunaan screen saver sama dengan memutar sebuah video tanpa henti yang membuhukan konsumsi daya sangat besar karena CPU terus beroperasi, kartu video menyala dan juga memakan memory RAM. Untuk kecerahan layar lebih baik gunakan yang standar saya tidak terlalu / sangat terang guna menghemat daya baterai.
  • Gunakan speaker eksternal, dengan menggunakan speaker eksternal ini bisa membantu menjaga daya baterai dan juga menjaga keawetan dari speaker laptop itu sendiri agar tidak mudah rusak dan awet untuk waktu lama.
  • Cabut semua perangkat yang terhubung dan tidak digunakan seperti flashdisk, hardisk eksternal, modem, kipas laptop dan perangkat lainnya jika sudah tidak digunakan, jika memang digunakan itu tidaklah masalah akan tetapi jika sudah selesai sebaiknya segera dilepas dari laptop.

Itulah beberapa tips yang bisa teman-teman gunakan untuk menghemat daya, merawat, dan menjaga keawetan dari baterai laptop. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon