Jadwal Fitness Yang Baik Dalam Seminggu – Seberapa banyak kita harus latihan baik itu di rumah maupun di tempat gym ?, berapa jam lamanya latihan ?, dsb. Dari pertanyaan-pertanyaan serupa lainnya sebenarnya di sesuaikan dengan kondisi masing-masing, karena kita kan punya kesibukan masing-masing yang berbeda.

Jadwal Fitness Yang Baik Dalam Seminggu

Lalu seperti apa jadwa fitness yang baik dalam seminggu ??

Faktor penting dalam fitness adalah latihan, istirahat, makan teratur juga sehat, di tambah dengan suplemen pendukung lainnya.

Misalnya kamu memiliki banyak waktu luang dan semangat yang membara kamu bisa fitness 6 -7 kali dalam 1 minggu.

Apabila ada pekerjaan, sudah punya keluarga bisa kamu sesuai, misalnya cukup 2 – 4 kali dalam seminggu. Jangan sampai mengorbankan pekerjaan dan juga keluarga hanya demi fitness.

Sebenarnya banyaknya latihan fitness dalam seminggu itu disesuaikan dengan tujuannya karena tidak semua orang yang fitness bertujuan untuk membesarkan otot. Ada yang Cuma ingin menurunkan berat badan, menjaga bentuk badan, meningkatkan kekuatan dan tujuan-tujuan lainnya.

Dari tujuan-tujuan tersebut membutuhkan intens latihan yang berbeda-beda, seperti di bawah ini :

Fitness untuk menurunkan berat badan / program cutting

Fokus latihan 3 – 4 dalam seminggu, Membakar lemak membutuhkan latihan yang cukup menguras tenaga dan luangkan 1 hari setiap hari-hari latihan kamu untuk istirahat.


Fitness untuk membesarkan otot

Lakukan latihan 4 – 5 kali dalam seminggu sebab otot membutuhkan latihan yang terus menerus untuk mendorongnya tumbuh dan berkembang.

Fitness untuk meningkatkan kekuatan

Fokus pada 4 gerakan utama seperti squat, deadlift dan benchpress, lakukan 3 – 4 kali dalam seminggu. Latihan ini cukup untuk meningkatkan kekutan dan berpengaruh pada kekuatan angkatan beban kamu nantinya.

Jenis latihan yang paling mudah di lakukan di rumah adalah sebagai berikut ini :
  1. 10 kali Push Up
  2. 10 kali Diamond Pushup
  3. 10 kali Shoulder Tap
  4. 20 detik Plank
  5. 10 Kali Bench Dips
  6. 10 Kali Jump Squat
  7. 10 Kali Jump Lunge

Buat yang memiliki atau punya barbell maupun dumbell di rumah bisa variasikan sendiri gerakannya dan untuk lebih mudahnya download aja video fitness di youtube lalu tinggal di ikuti di rumah. Istirahat setiap pergantian gerakan adalah 10 detik.

Ulangi latihan di atas sebisa mungkin atau semampu kamu, jangan juga sampai di paksa. Kalau mampu hingga 30 menit ya tidak masalah, kalau bisa sampai 1 jam lebih baik lagi. Paling maksimal fitness itu paling lama 2 jam, sangat tidak direkomendasi lebih dari 2 jam karena bukan manfaat yang di dapat malah tubuh kelelahan (over traning).

Hal yang harus di hindari adalah berikut ini :
  • Merokok dan minuman keras
  • Tidur kurang dari minimal 6 jam
  • Makanan yang tidak sehat seperti junk food

Sekian dulu untuk informasi jadwal fitness yang baik dalam seminggu yang bisa saya sampaikan, jangan lupa untuk share kepada yang lain juga. Selamat mencoba dan salam sehat.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon